LUKISAN CARIKATUR
Mengutif dari salah satu teman yang mempunyai bisnis yang menurut saya menarik , karena benar benar memulai nya di nol,dan mencapai kesuksesan dari bisnis yang di gelut i nya sekarang dan bisa memperkerjakan kariawan yaitu lukisan pensil . :)
salah satu contoh bisnis model kanvas yaitu jasa lukis carikatur pensil .
BUNGA DARI KANTONG PLASTIK
salah satu contoh bisnis model kanvas yaitu jasa lukis carikatur pensil .
- Customer Segment :Target konsumen nya yaitu remaja , biasanya sih untuk kado ulang tahun buat pacar nya atau pun hanya sekedar untuk kenang kenangan .
- Value Proposition : produk nya yaitu lukisan pensil dengan kertas A4 .
- Channel : Saluran distribusi untuk memasarkannya biasanya di pakai jasa marketing dengan memikat salah satu pembeli pertama dengan lukisan gratis , jika memperoleh 5 calon pembeli lainnya.dan dengan menitip kan ke tokoh boneka atau tempat yang biasanya di kunjungi oleh seorang pembeli untuk kado pacarnya.
- Customer Relationship : Seberapa dekat anda dengan pelanggan.pendekatan yang dilakukan biasanya secara online , dengan mengupload beberapa foto hasil lukisan dan dengan di sertai nomer handphone jika ada yang berminat membeli .
- Revenue Stream : Revenue stream adalah biaya pembuatan per lukisan, pengiriman, framing pada figura.
- Key Resource :berupa barang yaitu hasil lukisan kualitas gambar yg mirip dengan aslinya nya,
- Key Activites :promosi di media sosial maupun melalui teman ke teman .
- Key Partner : kerja sama .menjalin kerja sama terhadap seseorang yang juga mempunyai bakat melukis , dan membagi pekerjaan , misalnya ada yang khusus melukis wajah nya saja , kakinya saja , dan juga bagian pemasaranya .
- Cost : biaya: biaya perlengkapan melukis , dan biaya penitipan lukisan di tokoh-tokoh / bagi hasil.
Bisnis model kanvas
BUNGA DARI KANTONG PLASTIK
bingung mo nentuin value nya apa . akhirnya ke inget sama kampung halaman ne . tepatnya lebaran tahun kemarin di muara enim di setiap rumah yang saya kunjungin rata - rata ada ni , pajangan bunga plastik dengan bermacam bentuk dan ukuran , menariknya semua orang kampung bisa membuat nya . ada salah satu ibu rumah tangga yang pertama membuka bisnis ini , dia memasarkannya dengan jasa ibu ibu dikampung dengan cara mengajarkan beberapa cara membuat bunga yang terbuat dari barang bekas ini ,selain biayanya murah , dan juga bisa membantu ibu dalam menamba uang jajan anak nya di kampung itu .
- Customer Segment : Target konsumen nya yaitu ibu - ibu rumah tangga menengah ke bawah .
- Value Proposition : Produk produk nya yaitu bunga kantong kresek .
- Channel : Saluran distribusi untuk memasarkannya dengan memperkenalkan ke ibu - ibu rumah tangga beberapa cara bunga kantong kresek pembuatannya, dan ibu- ibu rumah tangga tersebuat akan memberitahu teman - temannya,dan dengan media sosial .
- Customer Relationship : pendekatan yang dilakukan biasanya secara online , dengan mengupload beberapa foto hasil kerajinan dan dengan di sertai nomer handphone jika ada yang berminat membeli . dan mendekati dengan dalih mengajarkan beberapa cara membuatnya.
- Revenue Stream :Revenue stream adalah biaya pembuatan per bunga satu tangkai , pengiriman.
- Key Resource :berupa barang yaitu bunga dari kantong kresek ,
- Key Activites : yang dilakukan perusahaan .promosi di media sosial maupun melalui teman ke teman .dan dari mulut ke mulut.
- Key Partner : menjalin kerja sama terhadap ibu - ibu rumah tangga , dan membagi pekerjaan , misalnya ada yang khusus membuat tangkai , membuat kelopak bunga , dan mendesain nya.
- Cost : biaya kantong kresek , dan biaya tangkai bunga yang terbuat dari akar serikat.dan pot .
bingung mo nentuin value nya apa . akhirnya ke inget sama kampung halaman ne . tepatnya lebaran tahun kemarin di muara enim di setiap rumah yang saya kunjungin rata - rata ada ni , pajangan bunga plastik dengan bermacam bentuk dan ukuran , menariknya semua orang kampung bisa membuat nya . ada salah satu ibu rumah tangga yang pertama membuka bisnis ini , dia memasarkannya dengan jasa ibu ibu dikampung dengan cara mengajarkan beberapa cara membuat bunga yang terbuat dari barang bekas ini ,selain biayanya murah , dan juga bisa membantu ibu dalam menamba uang jajan anak nya di kampung itu .
- Customer Segment : Target konsumen nya yaitu ibu - ibu rumah tangga menengah ke bawah .
- Value Proposition : Produk produk nya yaitu bunga kantong kresek .
- Channel : Saluran distribusi untuk memasarkannya dengan memperkenalkan ke ibu - ibu rumah tangga beberapa cara bunga kantong kresek pembuatannya, dan ibu- ibu rumah tangga tersebuat akan memberitahu teman - temannya,dan dengan media sosial .
- Customer Relationship : pendekatan yang dilakukan biasanya secara online , dengan mengupload beberapa foto hasil kerajinan dan dengan di sertai nomer handphone jika ada yang berminat membeli . dan mendekati dengan dalih mengajarkan beberapa cara membuatnya.
- Revenue Stream :Revenue stream adalah biaya pembuatan per bunga satu tangkai , pengiriman.
- Key Resource :berupa barang yaitu bunga dari kantong kresek ,
- Key Activites : yang dilakukan perusahaan .promosi di media sosial maupun melalui teman ke teman .dan dari mulut ke mulut.
- Key Partner : menjalin kerja sama terhadap ibu - ibu rumah tangga , dan membagi pekerjaan , misalnya ada yang khusus membuat tangkai , membuat kelopak bunga , dan mendesain nya.
- Cost : biaya kantong kresek , dan biaya tangkai bunga yang terbuat dari akar serikat.dan pot .
Contoh revenue stream yang lebih tepat adalah biaya pembuatan per lukisan, pengiriman, framing pada figura, dll
BalasHapusterimahkasih pak atas saran dan komentarnya , :)
BalasHapus